5 Langkah Praktis Menjadi Chef Profesional

5 Langkah Praktis Menjadi Chef Profesional

Seiring dengan maraknya tayangan masak-memasak, baik di televisi maupun layanan streaming, profesi chef semakin dilirik oleh banyak orang. Bisnis kuliner yang tidak akan pernah surut karena merupakan kebutuhan pokok manusia juga membuat profesi chef semakin menarik.

Namun, profesi chef tidak semudah apa yang dilihat pada tayangan. Perlu pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran yang tidak sedikit. Dilansir dari laman btp.ac.id, setidaknya ada lima langkah yang perlu Anda perhatikan apabila berminat menjadi seorang chef profesional:

1. Pertimbangkan pilihan karier dan spesialisasi

Seorang chef memiliki keahliannya masing-masing. Ada yang ahli memasak hidangan pembuka, ada yang ahli memasak hidangan penutup, atau ahli dalam hidangan utama. Selain itu, ragam restoran juga membuat spesialisasi seorang chef.

Chef di restoran cepat saji tentu berbeda dengan chef di restoran mewah. Karena itu, beragamnya bidang chef perlu Anda pertimbangkan untuk karier Anda ke depan.

2. Ambil pendidikan formal kuliner

Pendidikan formal memang bukan syarat wajib untuk menjadi seorang chef. Tetapi, dengan mengambil pendidikan formal, setidaknya Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan didapatkan apabila Anda belajar secara otodidak.

Selain itu, di pendidikan formal, Anda akan diberikan materi secara sistematis sehingga apabila Anda berhasil lulus, maka setidaknya Anda memiliki keterampilan minimum dalam dunia chef karena setiap pendidikan formal pasti memiliki standar minimum bagi para lulusannya.

3. Perbanyak pengalaman kerja di restoran

Memasak untuk diri sendiri dan memasak untuk orang lain adalah dua hal yang berbeda. Profesi chef adalah profesi yang mengharuskan Anda untuk memasak makanan orang lain. Karena itu, terkadang Anda harus menyesuaikan dengan kultur kerja di industri kuliner.

Dengan memiliki pengalaman kerja di restoran, Anda akan memiliki ruang untuk mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari. Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang mampu membentuk kemampuan serta memperluas koneksi yang akan sangat berguna di masa depan.

4. Terus asah keterampilan

Memasak adalah keterampilan. Karena itu, akan percuma apabila Anda mengetahui banyak teori tentang memasak tanpa pernah memasak. Anda perlu banyak berlatih dan mempraktikkan apa yang Anda ketahui.

5. Ikuti sertifikasi

Sama seperti pendidikan formal, sertifikasi memang bukan syarat wajib untuk menjadi seorang chef. Tetapi, apabila Anda mengikuti sertifikasi, setidaknya karir chef Anda akan berjalan dengan sedikit lebih mudah. Sertifikasi yang sesuai dengan spesialisasi Anda akan menambah daya kompetitif dibandingkan dengan chef lain.

MarijaHal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami, tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri.

Posting Komentar untuk "5 Langkah Praktis Menjadi Chef Profesional"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *