6 Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW, Praktis dan Sederhana

6 Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW, Praktis dan Sederhana

Ada banyak dan berbagai varian pola hidup sehat yang bisa tiru dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang model vegetarian, berbagai jenis diet yang makin banyak pilihannya hingga yang cenderung esktrem, yang mungkin tak banyak orang bisa mempraktekkannya.

Bagi umat muslim, sebenarnya sudah ada contoh dan itu dipraktekkan dalam kehidupan keseharian. Yakni teladan hidup sehat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam teks agama, Rasulullah disebut sebagauuswatunhasanah, teladan yang paripurna, sempurna.

Termasuk dalam hal hidup sehat. Rasulullah memang memiliki kebiasaan hidup sehat, terdapat beberapa kebiasaan nabi secara sehat dan pastinya halal dan thayib.

Berdasarkan catatan sejarah islam, Nabi Muhammad SAW hanya mengalami sakit sebanyak dua kali. Sakit pertama Rasulullah yaitu ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

Dikutip dari situs resmi Kemenkes RI, terdapat beberapa tips pola hidup sehat nabi Muhammad saw.

1. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Selain itu, Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak. Meskipun kebiasaan Rasulullah tersebut merupakan Sunnah, namun rutinitas beliau masih diikuti umatnya hingga saat ini.

2. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya begadang. Maka dari itu, nabi Muhammad tidak berbincang-bincang setelah waktu isya. Biasanya, beliau telah tidur sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

123 Selanjutnya

3. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Dikutip dari laman resmi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, berpuasa diketahui dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan jantung, menurunkan risiko gula darah dan mengurangi peradangan. Maka dari itu, tidak heran, kebiasaan nabi Muhammad yang satu ini membuat beliau terjaga kesehatannya.

5. Tidak Marah

Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan The European Heart Jornal Acute Cardiovascular Care, insiden marah dapat memicu serangan jantung sekitar dua persen.

6. Menjaga Pola Makan

Rasulullah SAW mengajarkan pola hidup sehat dengan membiasakan makan makanan yang halal dan baik atau halalan toyiban. Sementara dalam pola makan, Rasululalh SAW mencontohkan makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Nabi Muhammad SAW mengisi lambung beliau dengan membagi kedalam tiga bagian, yaitu: sepertiga untuk zat padat, sepertiga untuk zat cair, dan sepertiga lagi untuk udara.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

Ketika di pagi, beliau rutin mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha atau pagi menjelang siang, beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Tidak hanya, berdasarkan anjuran dan kebiasaan Nabi Muhammad saw. Dalam dunia kesehatan madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Pada malam hari beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar.

7. Berolahraga

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i).

Riwayat ini membuktikan, bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat.

MarijaHal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami, tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri.

Posting Komentar untuk "6 Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW, Praktis dan Sederhana"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *