8 Tanda Kekurangan Zat Besi pada Perempuan, Sering Terjadi di Usia Subur

8 Tanda Kekurangan Zat Besi pada Perempuan, Sering Terjadi di Usia Subur

Kekurangan atau defisiensi zat besi lebih sering dialami perempuan dibandingkan dengan laki-laki, terutama di usia subur. Hal ini bisa menyebabkan anemia, yang ditandai dengan rendahnya sel darah merah atau hemoglobin.

Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa hemoglobin yang cukup, organ tubuh akan mengalami kerusakan. Pada perempuan, kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandungnya kelak.

Berikut beberapa tanda kekurangan zat besi pada perempuan, yang dilansir dari Times of India, Sabtu, 16 Oktober 2021.

1. Sering mengalami infeksi

Ketika kekurangan zat besi, tubuh akan kesulitan melawan infeksi. Pola makan dengan gizi seimbang termasuk zat besi yang mencukupi akan membuat fungsi sistem imun bekerja dengan baik.

2. Mudah lelah

Rendahnya zat besi membuat tubuh mudah lelah, lemah, dan kesulitan untuk konsentrasi. Ketika tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, maka akan terjadi kelesuan.

3. Lidah bengkak

Tekstur lidah akan mengalami perubahan, dari rasa sakit hingga bengkak. Nyeri juga bisa jadi tanda anemia kekurangan zat besi.

4. Sindrom kaki gelisah

Menurut studi, perempuan yang mengalami kekurangan zat besi memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami perasaan tidak nyaman. Salah satu yang dirasakan adalah kesulitan menggerakkan kaki atau restless legs syndrome atau sindrom kaki gelisah yang lebih sering di malam hari.

5. Rambut rontok

Kekurangan zat besi dapat juga berhubungan dengan kesehatan rambut dan kulit. Efeknya adalah rambut rontok yang parah, selain rapuh dan mudah patah.

6. Napas pendek

Hemoglobin yang rendah berdampak pada level oksigen, yang menyebabkan napas lebih pendek dan cepat. Napas pendek atau sesak saat melakukan aktivitas biasa bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

7. Sakit kepala

Gejala ini lebih sering dialami perempuan, yakni sakit kepala yang rutin. Itu bisa jadi karena kadar oksigen yang rendah pada darah yang mengalir ke otak.

8. Jantung berdebar

Ketika jantung terasa berdebar-debar tidak normal dan cepat perlu diwaspadai sebagai gejala kekurangan zat besi. Hemoglobin dan suplai oksigen yang rendah dapat mempengaruhi fungsi jantung.

MarijaHal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami, tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri.

Posting Komentar untuk "8 Tanda Kekurangan Zat Besi pada Perempuan, Sering Terjadi di Usia Subur"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *