Deretan Beasiswa Bergengsi untuk Kuliah di Luar Negeri

Deretan Beasiswa Bergengsi untuk Kuliah di Luar Negeri

Mendapat beasiswa ke luar negeri merupakan dambaan bagi sebagian orang. Pasalnya keterbatasan dana menjadi salah satu faktor untuk tidak melanjutkan pendidikan.

Salah satu program beasiswa bergengsi untuk kuliah di luar negeri, Chevening, telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa Indonesia hingga November mendatang. Program beasiswa ini diadakan oleh Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan (FCDO) Britania Raya.

Program ini akan mendanai peserta beasiswa dengan sepenuhnya pada jenjang magister selama satu tahun.

Selain Chevening, berikut beberapa program beasiswa kuliah di luar negeri yang bergengsi:

Erasmus Mundus Scholarship

Dilansir dari euroculturemaster.eu, Program Erasmus Mundus merupakan beasiswa yang didanai oleh Uni Eropa untuk siswa dari negara ketiga maupun akademisi di Eropa.

Syarat mengikuti beasiswa ini adalah telah memperoleh gelar sarjana, belum pernah menerima beasiswa ini sebelumnya, merupakan warga negara yang masuk daftar negara penerima (Indonesia masuk dalam patner region 6 (Asia).

Beasiswa ini akan mendanai biaya partisipasi, tunjangan bulanan seperti biaya hidup dan perjalanan, serta asuransi kesehatan. Penerima beasiswa akan menerima EUR 1.000 setiap bulan selama dua tahun.

Japanese Government (Monbukagakusho/MEXT) Scholarships

Dilansir dari studyinjapan.go.jp dan id.emb-japan.go.jp, beasiswa ini ditangani oleh Pemerintah Jepang khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Tunjangan beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, serta beasiswa ini tidak ada ikatan dinas.

Terdapat enam kategori beasiswa, antara lain Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology and Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Secara umum, syaratnya ialah berusia kurang dari 35 tahun, memiliki rekomendasi dari kedutaan Jepang (rekomendasi kedutaan) dan/atau universitas Jepang yang akan menerima (rekomendasi universitas).

Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Dilansir dari studyinkorea.go.kr, Pemerintah Korea Selatan mengadakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk bersekolah di lembaga pendidikan tinggi di Korea Selatan. Program yang ditawarkan merupakan pendidikan sarjana, pascasarjana, dan penelitian.

Tunjangan yang diberikan berupa tiket pesawat, biaya hidup, kuliah, penelitian, tempat tinggal, asuransi kesehatan, sekolah bahasa, tunjangan pindah tempat tinggal, dan lainnya.

Syarat umum untuk mendaftar beasiswa yaitu pelamar dan orangtua bukan kewarganegaraan Korea Selatan, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah lulus dan/atau sedang berkuliah di Korea Selatan, serta memiliki rata-rata IPK/GPA minimal 90% dan TOPIK minimal level 5.

Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Simak Syarat-syaratnya

MarijaHal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami, tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri.

Posting Komentar untuk "Deretan Beasiswa Bergengsi untuk Kuliah di Luar Negeri"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *