Jangan Terkecoh, Ini Cara Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu

Jangan Terkecoh, Ini Cara Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu

Covid-19 varian Delta kian mengancam. Perlindungan diri pun harus lebih kuat. Salah satunya tetap #pakaimasker. Memastikan kualitas masker asli atau palsu akan menentukan kapasitas filtrasi optimal untuk melindungi diri dari Covid-19.

Kini, jenis masker medis palsu juga masih beredar di masyarakat. Spesialis penyakit dalam dr RA Adaninggar SpPD mengatakan ada beberapa tips bisa untuk memastikan masker asli atau tidak.

“Hati-hati dengan beredarnya masker medis palsu yang malah tidak bisa memberikan perlindungan yang diharapkan,” tulisnya dalam akun instagramnya @drningz. Berikut tips membedakan masker medis asli atau palsu:

Periksa izin edar kemenkes Periksa di laman infoalkes.kemkes.go.id. Selama tipe atau merk masker tersebut ada di situs ini berarti masker asli karena sudah lolos uji dari Kemenkes dan memenuhi syarat filtrasi untuk masker medis. Masker medis yang baik terdiri dari tiga lapis. Pada lapisan tengah harus seperti tisu yang bersifat elektrostatis. Pada masker palsu lapisan tengah berupa kertas.

Uji air Masker medis harus kedap air karena harus bisa menahan percikan droplet dari pemakai. Jika masker asli, air tidak merembes atau bocor. Sebaliknya jika masker palsu, air merembes atau bocor.

Uji api Masker medis yang asli bila dibakar akan meleleh dan tidak gosong. Jika masker gosong berarti ada lapisan kertas di dalamnya dan itu masker medis palsu.

Uji tiup Bila meniup menggunakan masker medis yang asli maka api tidak akan mudah padam karena filtrasinya baik.

Lalu bagaimana dengan jenis masker KF94? Ning menjelaskan jika masker KF94 tidak bisa dinilai dari bentuknya tapi harus ada sertifikasi dari otoritas kesehatan Korea Selatan. Berikut cara membedakan masker KF94 asli dan palsu:

-Lakukan pengecekan izin edar kemenkes. -Belilah merk yang terpercaya di agen atau tempat resmi. -Menilai KF94 bukan dari bentuknya tapi dari sertifikasinya.

“Pilihlah masker yang berkualitas baik dan pakailah dengan benar, lakukan bersama dengan protokol kesehatan lain, pola hidup sehat, dan vaksin untuk mendapatkan perlindungan optimal terhadap infeksi,” imbau Ning.

MarijaHal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami, tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri.

Posting Komentar untuk "Jangan Terkecoh, Ini Cara Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *